Perjalanan Rahasia Menuju SDN 3 Bukit Tinggi

Saya kesekian kalinya ikutan Kelas Inspirasi, bahkan pernah gagal berangkat. Kali ini beda cerita, boleh dibilang seperti kembali ke masa kanak-kanak yg langka terjadi.

Panitia dan para kakak fasil bilang ke lokasi nggak bisa pake motor. Padahal sekolah termasuk paling dekat dari kota Mataram. Nggak sadar sama sekali ketika disampaikan deket lokasi bendungan yang baru dibikin.

Briefing dateng telat, dan nggak nanya detail tentang gimana cara sampe lokasi. Sepele tapi bikin persiapan kacau, mestinya bawa ganti baju biar bisa mandi di sungai.

Sempat salah jalan, dan ekspedisi pun dimulai. Mobil dan motor diparkir deket balai desa, team bergerak jalan kaki. Mulai dgn jalan turunan, bisa dilewati motor tapi beresiko. Sekian menit jalan udah terasa capek, apalagi keliatan rute bakal menanjak setelah melewati jembatan.

Perjalanan Menuju SDN 3 Bukit Tinggi

Estimasi 30 menit ternyata meleset, jalan mendaki bikin keringat mengucur deras. Pemandangan cantik bikin semangat dan team tiba di SDN 3 Bukit Tinggi sekitar 7.30 lebih. Anak-anak sudah menunggu, kami pun segera lakukan persiapan. Baru tau kenapa ada yg sejak awal pake celana pendek, ternyata udah tau kondisi jalan yg ekstrim.

Kehilangan 1 sesi mengajar, rundown pun segera dirubah. Rencana ngajar 4x diganti cuma 3x dan dapet kesempatan istirahat sekali. Opening segera dimulai, kami mainkan senam pinguin dipandu adek-adek fasil yg masih pelajar sekolah. Cintaaa yang ikutan hadir jadi bikin makin semangat.

Bersama si Cinta, Jadi Semangat

Kali ini duet bareng desainer grafis, profesi yang udah biasa Ranaka kenal. Bahkan ketika bisa bikin animasi buat buku edukasi. Tapi cara presentasi Kak Riena bikin kagum, seru banget gambarkan perjalanan mencapai cita-cita pake gambar. Durasi 1 jam hampir semua Ranaka serahin Kak Riena, anak-anak suka banget diajarin menggambar. Ranaka cukup mainkan ice breaking di awal atau di tengah. Apalagi masih terasa banget capek setelah jalan kaki pagi tadi.

Sesi Mengajar di Kelas 6

Mungkin tidak bikin heboh kayak biasa, tapi terlihat anak-anak suka. Belajar lagi tentang berbagi peran ketika mengajar. Malah sempat ketiduran di ruang tamu warga seperti saran seorang guru. Iya benar, sekolah numpang di halaman dan teras rumah warga, ruang tamu sering dipake para guru istirahat kalau capek.

Sayang banget saat istirahat anak-anak tampilkan tarian, ranaka hanya bisa dengar samar-samar suara musik. Bangun ketika semua udah buyar dan masuk sesi penutup. Malu banget tapi malah seger buat ngajar lagi, apalagi bakal bikin video lempar pesawat kertas.

Sesi terakhir agak dikurangi agar anak-anak sempat bikin pesawat dari kertas origami. Semua berkumpul di halaman rumah yg sementara jadi halaman sekolah. Sempat latihan sekali dan seru banget ketika anak-anak menerbangkan pesawat cita-cita.

Ranaka, 29.01.2022
@ranakastrategic
Relawan Pengajar SDN 3 Bukit Tinggi

One thought on “Perjalanan Rahasia Menuju SDN 3 Bukit Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published.