Kelas Inspirasi 7 “Kembali ke Sekolah”


Tahun ini Kelas Inspirasi Lombok @ki_lombok mengadakan Hari Inspirasi (HI). Setelah 2 tahun rehat karena pandemi. Sasaran sekolah yang dituju adalah sekolah yang pernah kita kunjungi untuk berkegiatan. Ada 7 sekolah yang menjadi lokasi HI; 2 sekolah di Lombok Barat, 1 sekolah di Lombok Tengah, 2 sekolah di Lombok Utara dan 2 sekolah di Lombok Timur. MI NW Sidratul Muntaha Dusun Ujung Gol, Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Awal mengenal sekolah ini 3 tahun yang lalu, tahun 2019. Saat itu atap sekolah rusak karena angin kencang dan tembok hampir roboh. Teman-teman @ki_lombok berinisiatif membantu lewat situs “kitabisa”. Ingin sekali ikut ke sekolah ini pada saat itu bersama teman-teman, tapi ada kendala waktu itu. Jadi saya mendengar cerita dari teman-teman bahwa sekolah ini hanya terdiri dari 1 ruangan dan hanya memiliki 1 guru hingga sampai saat ini. Kebayang bagaimana pak guru Mahir (pendiri, sekaligus kepala sekolah dan merangkap menjadi guru kelas 1 sampai kelas 6) harus mencurahkan semua tenaganya dan waktunya untuk pendidikan di sana. Membagi waktu dan kelas agar anak-anak dapat belajar semua. Tahun ini jumlah anak didik secara keseluruhan 33 anak.

Papan nama MI Ujung Gol di kawasan perkebunan jagung

Menginap di rumah Pak Mahir bagi yang perempuan dan di sekolah bagi yang laki-laki. Malam terasa syahdu dan tak akan terlupakan bagi kami. Kami tidak bisa tidur nyenyak karena pasukan nyamuk dengan gerilyanya mencari sasaran dan mau tidak mau, kami harus rela “mendonorkan” darah kami.

Di HI kami mencoba membuat suasana yang meriah dan menyenangkan lewat alat peraga yang telah disiapkan.

Mengajar siswa MI NW Sidratul Muntaha Ujung Gol

 Taglinenya KI “Sehari Mengajar, Selamanya Menginspirasi”. Entah, mereka terinspirasi atau tidak yang pasti kami sudah memberikan anak-anak referensi tentang profesi, mulai dari Dosen, Guru, Bidan, Baznas, penjaga toko, perawat, PU, MUA, News Anchor, dll. Tapi yang pasti kami terinspirasi dari semangat belajar, keaktifan, dan kesederhanaan mereka dan Pak Mahir arti sebuah PENGABDIAN YANG TULUS.

Foto bersama relawan, guru dan siswa MI NW Sidratul Muntaha Ujung Gol

Terima kasih team dokumentator atas segala jepretan dan camp setiap momen berharga ini. Untuk para relawan, terima kasih sudah meluangkan waktu dan tenaga yang begitu berharga. Ini tak bisa dibayar atau diulang. Momen ini hanya satu kali, maka bersyukur jd bagian TEAM UJUNG GOL.

Salam COK ROLL 😂😂😂

@lhohans – Muhammad Subhan
Relawan Pengajar – MI NW Sidratul Muntaha Ujung Gol

Leave a Reply

Your email address will not be published.