Harapan Di Tanah Jagung – Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur

Saya masih ingat pertanyaan pada Google Form Kelas Inspirasi 7, kurang lebih “Mengapa Anda termotivasi mengikuti Kelas Inspirasi?”. Saya menjawab, bahwa pendidikan adalah hak semua warga Indonesia, maka saya sebagai pendidik berkewajiban untuk memberikan pendidikan itu. Pagi itu, udara lebih sejuk dari hari kemarin, tersisa bekas hujan yang cukup deras tadi malam. Sepanjang perjalanan menuju MI Nawwarul Uyun, lokasi Kelas Inspirasi 7 Kembali ke Sekolah dipenuhi dengan jagung yang mulai meninggi dan menghijau. Akses jalan sudah lebih baik dari tahun sebelumnya, walaupun di beberapa bagian jalan sudah mulai retak.

Lokasi sekolah MI Nawwarul Uyun berada di Desa Aro Inaq. Sekolahnya sendiri hanya memiliki 3 ruang kelas dan 2 kamar mandi yang tidak berfungsi. Ruang kelasnya sendiri harus dibagi menjadi 2 bagian. Akibatnya ruang guru berada di lorong kelas. Antusiasme anak – anak mengikuti rangkaian kelas inspirasi sangat saya hargai.

Suasana mengajar di MI Nawwarul Uyun Aro Inaq

Pengalaman yang paling saya ingat adalah pada saat berbagi inspirasi. Saya dan relawan lainnya membentuk lingkaran, duduk bersama dan berbagi cerita. Cerita mengenai mimpi kami dan bagaimana kami mencapai mimpi tersebut. Pada suatu titik, saya bertanya: “Apa mimpi kalian?”. Mereka terdiam, menerawang. Akhirnya salah satu siswa mengatakan bahwa ia tidak berani bermimpi. Ia tidak yakin dengan mimpinya. Saya trenyuh, hampir menangis mendengarnya. Saya katakan kepada mereka, bahwa mimpi adalah tujuan untuk hidup, dengan memiliki mimpi, ada hal yang ingin diraih, sehingga ada alasan untuk berjuang dan hidup. Di akhir Hari Inspirasi, anak – anak menuliskan cita – cita mereka pada pohon cita – cita sebagai pengingat bahwa mereka punya mimpi yang ingin diwujudkan dan harus diperjuangkan.

Suasana mengajar di MI Nawwarul Uyun Aro Inaq

Anak – anak MI Nawwarul Uyun Aro Inak mengajarkan saya untuk terus berjuang, terus berbagi, menginspirasi dan mengasah rasa di manapun berada. Pelajaran yang sangat berharga khususnya bagi saya dan semua kakak relawan. Mereka belajar dengan fasilitas yang sangat terbatas, namun semangat dan mimpi mereka tak terbatas. Harapan anak – anak di tanah jagung, semoga terus tumbuh dan menjadi kekuatan untuk berlari meraihnya.

Foto bersama relawan, guru dan siswa MI Nawwarul Uyun Aro Inaq

Kelas Inspirasi, Sehari Mengajar, Seumur Hidup Menginspirasi

Hidayatul Hikmah
Relawan Pengajar – MI Nawwarul Uyun Aro Inaq

Leave a Reply

Your email address will not be published.