Cerita Dari SDN 3 Bukit Tinggi, Gunung Sari – Lombok Barat

Kelas Inspirasi Lombok Pertama tahun 2015 saya dapat kesempatan menjadi relawan di sekolah ini. SDN 3 Bukit Tinggi, Dusun Murpadang, Gunung Sari, Lombok Barat.

Sekolah yang bersahaja, sederhana dan masih jauh dari layak.

Tahun 2018 gempa di Lombok meretakkan bangunannya. Tentu bukan upaya mudah dan cepat merenovasi nya. Belum sempat “sembuh” dari gempa, alat-alat berat berdatangan, dinamit meledakan bukit-bukit hijau di sekitar sekolah. Pun sekolah akhirnya ikut tergusur juga.

Saya bukan tidak menyukai pembangunan tetapi betapa sedih ketika mengetahui sekolah yang tergusur ini belum disiapkan gedung pengganti untuk relokasi. Artinya? Apakah pemerintah tidak memikirkan pendidikan anak-anak di sini? Sehingga setelah tergusur seakan-akan mereka dibiarkan begitu saja yang pada akhirnya mereka belajar di halaman rumah warga, di bangunan yang lebih mirip kandang, di bawah pohon di kebun-kebun. Padahal lokasi sekolah ini sedekat itu dengan pusat pemerintah Kabupaten, Kota dan Provinsi.

Proyek bendungan berjalan lancar sementara mereka masih berpencar-pencar.

Namun saya haturkan salam takzim dan hormat untuk para guru yang sabar dan tak menyerah, untuk siswa-siswa yang tak mengeluh meski berjalan jauh dan lebih jauh. Sekarang PR nya bukan hanya tentang bangunan fisik melainkan juga mental, akhlak dan perilaku yang pasti akan berdampak ketika bendungan super besar itu menjadi destinasi wisata baru.

Sudah siapkah mereka? Semoga sehari mengajar para relawan @ki_lombok bisa menjadi pengingat yang kelak akan muncul di benak mereka ketika dunia menekan mereka untuk menyerah pada perjuangan dan ketika tergoda untuk menyerah menjadi baik.

Terimakasih relawan. Terimakasih kawan.
Telah berbuat baik untuk masa depan.

Video Kelas Inspirasi Lombok 7 – SDN 3 Bukit Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published.