Panduan Lokasi Inspirasi

Perjalanan ke Lokasi Kelas Inspirasi

Setelah briefing pada hari Sabtu tanggal 26 Maret itu, relawan akan dibagi berdasar kabupaten tempat bertugas. Tujuh gili lokasi Kelas Inspirasi Lombok 3 berada di tiga kabupaten. Kami dari panitia menyarankan pada malam Minggu, peserta menginap di Kota Mataram. Bisa menginap di rumah para relawan panitia maupun penginapan sederhanya yang ratenya Rp 85 ribu – Rp 150 ribu. (Bagi yang mau nginap di hotel juga boleh. Bisa dibooking online)

Seluruh relawan akan berangkat pada hari MINGGU tanggal 27 Maret, dan menginap satu malam di pulau tempat bertugas.

 


Kabupaten Lombok Utara

Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air terletak di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Tiga pulau ini berdekatan. Jadi relawan ketiga pulau ini bisa berangkat bersamaan dari Mataram. Pelabuhan penyeberangan menuju tiga pulau ini disebut Pelabuhan Bangsal. Dari Mataram ditempuh 1,5 jam.

Teknis keberangkatan dari Mataram ke Pelabuhan Bangsal akan dibahas nantinya saat briefing. Apakah akan menyewa sepeda motor, menyewa mobil, atau naik angkutan umum. Tarif penyeberangan dari Pelabuhan Bangsal menuju Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno hanya Rp 15 ribu.

Rombongan berpisah di Pelabuhan Bangsal, sebab perahu yang membawa menuju tiga pulau itu berbeda. Nah, teknis menginap di Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air akan dibahas bersama panitia.

Sebagai gambaran, ketiga pulau ini adalah daerah pariwisata. Jadi fasilitas yang tersedia lengkap. Bahkan ATM seluruh bank besar yang ada di Indonesia ada di pulau tersebut. Penginapan dengan rate backpackeran (Rp 200 ribu) per malam hingga jutaan rupiah juga tersedia.

 

Kabupaten Lombok Barat

Gili Gede dan Gili Asahan terletak di Kecamatan Sekotong. Jika anda lewat Pelabuhan Lembar, 30 menit sebelum sandar, anda melihat daerah yang eksotis, itulah Sekotong.

Kedua pulau tersebut berada di dalam satu kawasan, jadi relawan kedua pulau tersebut bisa berangkat bersamaan. Teknis keberangkatan dari Kota Mataram ke pelabuhan penyeberangan menuju dua pulau tersebut akan dibahas bersama panitia. Apakah naik motor atau menyewa kendaraan (kendaraan umum sulit). Sebagai gambaran sewa motor sehari Rp 65 ribu (karena menginap jadi dua hari, Rp 130 ribu. Bisa berdua). Sewa mobil Rp 450 ribu – Rp 500 ribu per hari.

Untuk sewa perahu dari Pelabuhan Tawun menuju Gili Gede dan Gili Asahan Rp 350 ribu. Tapi ongkos ini sebenarnya sewa perahu selama sehari. Jadi kami dari panitia berinisiatif, sebelum relawan diantar menuju pulau tempat mengajar, terlebih dahulu liburan ke pulau­pulau kecil di kawasan itu. Untuk melihat pulau yang akan dikunjungi silahkan browsing di om google : Gili Kedis, Gili Sudak, Gili Tangkong, Gili Nanggu, Gili Goleng, Gili Layar, Gili Rengit. Sekalian browsing Gili Asahan dan Gili Gede tentunya..

Catatan : tidak ada fasilitas ATM di pulau ini, listrik juga terbatas (nyala pada malam hari saja). Jadi usahakan bawa uang pas (pecahan kecil) sebelum menuju lokasi, plus pastikan semua perlengkapan elektronik (HP, kamera) sudah terisi dari Kota Mataram. Air di pulau ini payau.

 

Kabupaten Lombok Timur

Sebenarnya ada tiga gili yang menjadi lokasi kegiatan, yaitu Gili Maringkik, Gili Beleq, dan Gili Re. Tapi seluruh anak Gili Re bersekolah ke Gili Beleq. Setiap pagi mereka menyeberang ke Gili Beleq, dan kembali ke Gili Re setelah pulang sekolah.

Gili Beleq dan Gili Maringkik terletak di Kecamatan Jerowaru. Dari Kota Mataram ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Teknis keberangkatan apakah menggunakan sepeda motor, sewa mobil, atau angkutan umum akan dibahas lebih lanjut.

Perahu penyeberangan ke Gili Beleq dan Gili Maringkik berada di Telong­Elong atau Tanjung Luar. Tapi kami akan mengajak melalui Telong­Elong (lebih dekat).

Dari pelabuhan bisa naik perahu nelayan. Ke Gili Beleq Rp 5 ribu. Ke Gili Maringkik Rp 10 ribu.
Sewa perahu Rp 350 ribu – Rp 500 ribu/sehari penuh. Kemungkinan panitia menawarkan sewa perahu. Kenapa ?

Di sekitar Gili Beleq dan Gili Maringkik ini adalah kawasan wisata. Anda bisa mengunjungi Pulau Pasir, Gili Kere, Gili Bembek, Pantai Pink, Pantai Segui, Gili Sunut. Nah, sebelum singgah di pulau tempat anda mengajar, sebaiknya menikmati dulu perjalanan ke tempat­tempat wisata itu.

Dengan jumlah relawan yang cukup banyak, biaya sewa perahu pun terasa ringan.

Catatan : tidak ada ATM, jadi usahakan bawa yang secukupnya, terutama dalam pecahan kecil. Air bersih terbatas di pulau ini. Air sumur payau. Air tawar dibeli dari daratan Pulau Lombok. Listrik ada.

You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.