Seminggu Mengajar Asahan

Seminggu Mengajar di Asahan

“Kegiatan ini bebas dari relasi dengan institusi perusahaan/lembaga tempat pegiat bekerja, relasi dengan motif pemasaran perusahaan dan berbagai kepentingan nonpendidikan yang tidak relevan. Satu-satunya kepentingan yang ada adalah demi masa depan anak-anak Indonesia.”

Seminggu mengajar di Asahan adalah sebuah gerakan yang muncul dari pengalaman relawan Kelas Inspirasi Lombok #3 Menjelajah Pulau  yang mengunjungi gili Asahan. Mengajar sehari di gili Asahan memberikan pengalaman tersediri bagi relawan sehingga memunculkan ide sebuah gerakan yaitu Mengajar Seminggu di Asahan. Ide ini pertama kali muncul karena melihat realita pendidikan di gili Asahan yang memang sangat memprihatinkan. Poin pertama yang menjadi sorotan utama adalah kurangnya tenaga pengajar di sekolah tersebut.

photo213-1301

Gili Asahan adalah salah satu pulau berpenduduk yang berada disebelah barat pulau Lombok lebih tepatnya di Desa BatuPutih Kec. Pelangan Lombok Barat. Gili Asahan merupakan salah satu gili yang berpenghuni, yang dihuni tidak lebih dari 40 kelompok keluarga. Kegiatan ekonomi dan pendidikan juga berjalan di gili ini. Terkhusus pendidikan yang menjadi sorotan utama kita, di gili Asahan terdapat sebuah sekolah yaitu SDN 4 Batu Putih Gili Asahan yang memiliki 12 orang siswa yang dibagi dalam 2 rombongan belajar. SDN 4 Batu Putih sebenarnya juga memiliki siswa dan ruang kelas yang lain di Kec. Pelangan, dan ruang kelas di gili asahan merupakan rombongan belajar yang terpisahkarena berada di gili dengan tujuan untuk mengakomodir kebutuhan pendidikan anak-anak gili Asahan.

Karena akses yang cukup jauh, maka SDN 4 Batu Putih di Gili Asahan hanya memiliki satu orang guru yang mengajar 2 rombongan belajar yaitu kelas 5 dan kelas 2. Berangkat dari itu muncullah sebuah ide untuk mendatangkan pengajar di SDN 4 Batu Putih Gili Asahan untuk membantu proses belajar mengajar di Sekolah Dasar tersebut. Selain itu, dengan mendatangkan pengajar akan memberikan pengetahuan yang berbeda kepada siswa.

Diharapkan dengan mendatangkan relawan untuk mengajar selama seminggu mampu memberikan pengetahuan dan semangat baru kepada siswa, selain itu pengajar juga akan mendapatkan pengalaman mengajar dan berinteraksi dengan penduduk di gili Asahan. Hal ini membuka pintu interaksi positif antara pengajar  dengan dunia pendidikan, khususnya di SDN 4 Batu Putih.

Persyaratan Relawan :

1. Bersedia mengajar di pulau terpencil (gili Asahan) selama seminggu.

2. Diutamakan pengajar dengan jiwa relawan yang tinggi.

3. Mau turun tangan lansung merasakan kondisi pendidikan dan masyarakat di pulau (gili Asahan).

4. Siap mengajar sesuai silabus yang telah disiapkan.

5. Siap tinggal dipulau selama seminggu dan mau menerima segala keadaan saat tinggal di pulau (gili Asahan)

6. Jujur dan mau menghormati nilai-nilai agama dan adat istiadat di pulau (gili Asahan).

Selama mengajar seminggu, konsumsi dan akomodasi ditanggung panitia.

Segera daftar di https://goo.gl/Ybp8aD

You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.